Kamis, 20 Desember 2018

Objek Studi Geografi

Objek Studi Geografi

Geografi memiliki cara berpikir yang khas dan berbeda dengan ilmu pengetahuan yang lain karena geografi menekankan pembahasannya pada gejala-gejala fisik dan sosial dalam hubuungan saling ketergantungan.

1. Objek Studi Material
Objek studi material adalah segala materi yang menjadi kajian dalam geografi.Sesuai dengan pengertian geografi maka yang menjadi objek studi material adalah segala fenomena geosfer, baik fisik maupun sosial. Objek studi material fisik antara lain iklim, tanah, dan air. Objek studi material sosial antara lain persebaran penduduk, mobilitas penduduk, dan pola pemukiman.

2. Objek Studi Formal
Objek studi formal adalah sudut pandang atau cara berpikir terhadap gejala geosfer sebagai objek material geografi, baik fisik ataupun sosial. Objek studi formal inilah selanjutnya dapat membedakan geografi dengan ilmu-ilmu yang lain.

Sudut pandang geografi adalah ruang dan waktu. Sudut pandang ini berbeda dengan sudut pandang ilmu yang lain. Contohnnya, sejarah yang menitik beratkan pada waktu (time), antropologi pada budaya (culture), ekonomi pada biaya (cost) dan hukum pada norma (nors, standard). Akan tetapi, ilmu-ilmu tersebut objek materialnya sama, yaitu membahas hubungan manusia dengan lingkungan hidupnya.

0 Comments:

Posting Komentar