Minggu, 16 Desember 2018

Kelangkaan Sumber Daya

Kelangkaan Sumber Daya

Sumber daya disebut juga faktor produksi. Faktor produksi digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Faktor produksi ini bersifat langka atau jumlahnya terbatas.

a. Tanah
Tanah merupakan faktor produksi yang terpenting karena segala sesuatu harus diatas tanah. Jumlah tanah semakin hari semakin menyusut karena berbagai sebab, misalnya alih fungsi dan bencana alam.
Faktor produksi tanah terdiri dari :

  • tenaga penumbuh dari tanah,
  • tenaga air,
  • ikan dan mineral,
  • tanah yang di atasnya didirikan bangunan, serta
  • iklim, cuaca, curah hujan, dan angin.
Tanah merupakan faktor produksi yang langka karena jumlahnya terbatas dan bila sudah digunakan untuk suatu produksi, tanah tersebut tidak bisa lagi digunakan untuk produksi barang lain. Misalnya, tanah digunakan untuk jalan tol, tanah tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk pertanian.


b. Tenaga Kerja
Dalam ilmu ekonomi, tenaga kerja mencakup kemampuan fisik dan mental yang dimiliki manusia. Tenaga kerja juga memiliki keterbatasan baik dari segi fisik maupun jumlahnya. Misalnya seorang tenaga kerja yang bekerja di pabrik sepatu tentu tidak bisa bekerja lagi di pabrik yang lainnya dalam waktu yang bersamaan.

c. Modal/Kapital
Kapital adalah semua jenis barang yang digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan produksi barang-barang lain. Kapital dapat terdiri dari mesin-mesin, pabrik-pabrik, pembangkit tenaga listrik dan lainnya. Jumlah kapital juga terbatas. Dengan demikian kappital juga barang langka. Contoh jika lebih banyak modal yang disalurkan ke pengusaha besar, semakin sedikit kredit yang bisa disalurkan ke pengusaha kecil dan menengah. 

d. Entrepreneurship
Pengusaha memiliki jumlah yang terbatas. Dalam menghasilkan barang dan jasa faktor pengnusaha sangat penting. Pengusaha berperan dalam memadukan faktor produksi lain sehingga barang dan jasa dihasilkan. Oleh karena terbatasnya jumlah pengusaha, banyak barang dan jasa yang tidak bisa diproduksi .

0 Comments:

Posting Komentar